Memodif mesin Honda CB 100 menjadi
bertenaga 200cc
Tugas : Ilmu Budaya
Sosial
Universitas Gunadarma
Kali ini saya Tri Busono pecinta motor Honda CB 100 dan motor saya
Honda CB 100 tahun 1976 ingin memberitahu bagaimana cara membuat tenaga mesin yang sangat kecil
menjadi bertenaga super, kalian mungkin bertanya-tanya dari motor yang sangat
jadul dari tahun 70an-80 dengan kapasitas mesin 100cc bisa menjadi 200cc, Wow
banget kan pastinya udah bisa nyaingin Motor Kawasaki Ninja 4Tak 250 ,hahahaha
.
Ya langsung saja saya ingin memberi tahu gimana cara supaya mesin
bertenaga 100cc bisa menjadi 200cc , tapi juga kita harus merogoh kantong juga
ya lumayan lah kita cukup ngeluarin dana
2 jutaan dengan mencari barang bekas yang masih layak di pakai motor udah bisa
nyaingin kecepatan motor yang sekarang , ya pertama yang harus kita rubah
adalah kita harus membeli kruk as/bandul yang kepunyaan Honda Tiger karma kalo
kruk as Honda CB 100 punya langkah 49.5mm sedangkan kruk as Honda Tiger punya langkah 62.2mm
jauh kan bedanya ,kalo sudah jangan lupa kita harus memperbesar lobang mesin/kerengkes
karena gak cuma ganti kruk as tiger saja tetapi kita juga harus beli blok seher
Tiger ,makin gede aja dong seher sama blok nya ? ya pasti lah kan mau jadi
200cc standar ukuran piston Honda CB 100 aja 50mm
sedangkan piston Honda Tiger 63mm jauh kan bedanya
,selanjutnya jika sudah memperbesar lobang mesin/kerengkes kita tinggal pasang
blok seher Honda Tiger yang sudah di beli , setangah jadi tinggal kita nyari
blok head/kopdan tutup kop yang kepunyaan Honda Tiger juga karena sangat kurang
enak jika tidak memakai blok head/kop punya Honda Tiger.hehehehe
Dan mesin Honda CB 100 pun sudah jadi dan mesin
Honda CB 100 pun sudah mempunyai kapasitas mesin 200cc ,lumayan kan sudah bisa
nyaingin Honda Tiger dan Yamaha Scorpio misalnya lagi di jalanan .haha . Dan sekian informasi dari saya
tentang membahas perubahan mesin Honda Cb 100 menjadi 200cc , Salam pecinta
motor HONDA CB 100 Gas brow, blarrr…blarrrrr :D
apa tidak berpengaruh pada rantai taming
BalasHapusmaaf saya mau nanya,kalo cb roda belakang pake ring 14 dan roda depan pake ring 17 apa ke unggulan sama kekurangannya?
BalasHapusTRIMS... WAR WER...
Kalau masah pengapian ea ada yg pelu di ganti ga
BalasHapushalo Mas Tri.. kalo bengkel bubut biasa, bisa gak utk besarin lobang mesin/crankcase ? aku pengen pasang blok kop yamaha scorpio nih ke TVS Apache 180 hehe
BalasHapusjika ganti 1 glondhong total ( misal saja kendaraan GL ) ganti total mesin MP, apa plus minusnya
BalasHapusAh pngalamn tmn pya motor cb yg dibor up sperti itu byk maslah ya rantai knteng cepat molor uda dicoba pkai yg ori sama aja, kru as dllnya cepat rsak, disela keras, diganjel pking uda tbal msi aja bocor yg paling awet tu gnti piston dn boringya megapro dah cukup msin bandel awet jdi 156 cc
BalasHapusMau nanya klw as kruk cb d ganti as kruk Tiger katanya harus potong as kruk magnet bnr gk gan..?
BalasHapusCz'y sy pakai bak magnet gl series..
Mohon bantuannya gan..
Mksh